10 Cara Terbaik Membangun Sistem Manajemen Gudang
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sering kali perusahaan beranggapan bahwa membuat proses perhitungan stok barang atau bahan baku itu mudah dilakukan. Walaupun benar, namun paradigma ini sering kali membuat perusahaan menjadi lupa dalam menerapkan manajemen inventori stok barang yang baik. Karena tidak menggunakan manajemen stok barang yang benar, akhirnya justru membuat banyak masalah yang terus menimpa perusahaan dan akirnya merugi. Apalagi dengan tidak menerapkan manajemen inventori stok barang yang baik, juga dapat menganggu proses produksi dan jual beli perusahaan anda. Maka dari itu, sangat penting bagi anda menggunakan software stok barang atau juga sering disebut dengan software inventory dalam memanagemen inventori stok barang digudang anda.

Bukan itu saja, ada beberapa hal lainnya yang dapat menjadikan system inventory management dan pembuatan laporan stok barang bagi perusahaan menjadi sangat penting untuk diterapkan. Berikut ini adalah 5 hal lainnya tersebut.

Tingkat Efisiensi Persediaan Stok Barang Yang Tinggi

Efisiensi dalam persediaan stok barang terjadi kerana kondisi stok yang tidak berlebih dan tidak pula kurang. Maka dari itu, anda perlu benar-benar memahami berapa jumlah stok barang yang tepat dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Jika anda menerapkan sistem inventori stok barang yang baik, maka hal tersebut bukan lagi masalah yang besar bagi anda. Karena system inventori manajemen stok barang mampu menghitung dan memperkirakan berapa jumlah stok yang dibutuhkan perusahaan anda. Dan pada akhirnya, tidak ada lagi terjadi masalah penumpukan ataupun kekurangan stok di dalam gudang anda.
Baca juga : 9 Cara Terbaik Membangun Sistem Manajemen Gudang (Part 1)

Dapat Menata Stok Dalam Gudang Dengan Baik

Walaupun tingkat efisiensi persedian barang anda sudah cukup baik, ternyata masih ada beberapa masalah yang muncul di dalam pergudangan. Diantara masalah yang sering adalah lamanya proses keluar masuk dan pencarian stok di dalam gudang. Masalah ini terjadi karena penyimpanan stok yang tidak teratur, dan cendrung menyimpan stok barang tanpa ada pemetaan yang jelas. Dengan menerapkan sistem inventori manajemen yang baik, akan membantu anda mengatur dan memetakan peletakan barang-barang dalam gudangan dengan baik pula.

Banyak keuntungan yang di dapat jika stok barang dalam gudang tertata dengan baik. Salah satunya anda bisa menghindari produk expired di dalam gudang melalui sistem FIFO dalam penyimpanannya. Selain itu, keuntungan lainnya adalah anda bisa menyimpan barang-barang dengan tingkat penjualan tinggi pada satu area yang sama, sehingga muda dijangkau dan cepat diproses jika ada pemesanan. Pastinya dengan begitu akan meningkatkan kualitas layanan perusahaan anda.

Menghemat Waktu dan Uang Perusahaan

Dengan menerapkan system inventory maka anda dan perusahaan akan menghemat banyak waktu serta penghematan uang perusahaan. Hal ini terjadi karena perusahaan anda telah mampu meningkatkan efisiensi persediaan stok barang, sehingga pastinya akan menghemat uang perusahaan dan terhindar dari pembelian stok barang yang tidak terpakai. Selain itu, dengan sistem tataletak stok dalam gudang yang baik juga menjadi salah satu sebab penghematan waktu oprasional perusahaan anda.

Salah satu contoh penghematan lainnya dari penerapan sistem manajemen inventori adalah anda dapat menghindari kerugian dari barang yang tidak terlalu diminati pelanggan dengan menurunkan jumlah produksi dan memberikan harga promo kepada pelanggan.

Mampu Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Meningkatnya produktivitas perusahaan setelah menggunakan sistem inventori bukan hanya karena stok gudang yang efisien dan tataletak yang baik saja. Biasanya banyak software stok barang yang selain mempermuda system inventory, namun juga menyediakan fitur-fitur pendukung lainnya seperti sistem barcode scanner, mendukung sistem diskon bertingkat, terintegrasi dengan sistem jatuh tempo melalui sms dan email, invoice dll.
Baca juga : Software HRD, Payroll dan Penggajian Terbaik 2017

Tingkat Kepuasan Pelanggan Yang meningkat

Setelah semua proses pergudangan diterapkan system inventory melalui software stok barang. Maka akan banyak keuntungan yang didapat, keuntungan ini bukan hanya dari sisi perusahaan namun juga dari sisi pelanggan perusahaan anda. Karena sistem gudang yang baik juga akan berpengaruh dalam proses jual beli kepada pelanggan, permintaan yang dilakukan oleh pelanggan akan dapat diproses dengan sangat cepat.  Dengan cepatnya proses pengerjaan, akan membuat pelanggan merasakan kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Baca juga : Software Stok Barang dan Inventory Terbaik Di Indonesia

 

Nah itulah 5 alasan untuk anda agar memahami berapa pentingnya sistem manajemen inventori dan laporan stok barang yang baik bagi perusahaan anda. Maka dari itu tidak ada salahnya anda kini mulai mencoba software stok barang untuk menerapkan sistem manajemen inventori. Apalagi sudah jelas jika dengan menerapkan sistem ini akan membantu kinerja perusahaan, baik dari sisi penghematan maupun produktifitas. Selain itu, layanan yang baik ini juga memberikan kepuasan kepada para pelanggan anda.

Kini saatnya manajemen inventori dikelola secara lebih baik dengan menerapkan teknologi sistem informasi terkini dan tidak lagi harus dijalankan secara manual. Aplikasi akuntansi seperti, BIS Accounting System dapat membantu para UMKM untuk menerapkan sistem manajemen inventori dan pembuatan laporan stok barang. BIS Accounting System merupakan software stok barang yang sangat handal dalam menangani manajemn invetori di bisnis apapun.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>